Siapkan Pileg 2019, Panwaslu Kota Tangerang Gelar Rakor

Siapkan Pileg 2019, Panwaslu Kota Tangerang Gelar Rakor
(TangerangTribun.com/Sam) - Rapat koordinasi persiapan pengawasan pemilu.

TangerangTribun.com – Menyiapkan Pemilu Legislatif tahun 2019, Panwaslu Kota Tangerang menggelar rapat kerja teknis dan rapat koordinasi persiapan pengawasan. Kegiatan ini bertujuan menjalin koordinasi dan komunikasi bersama-sama dalam mengawasi Pemilu sampai tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kegiatan ini melibatkan 39 orang terdiri dari masing-masing tiga peserta dari 13 Kecamatan. Anggota Panwaslu Kecamatan tersebut diharapkan dapat memperdalam secara teknis penanganan pelanggaran,” terang M. Agus Muslim, Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Minggu (19/11/2017) malam.

Lanjut Agus, terkait penanganan pelanggaran dibahas bagaimana menerima laporan yang ditemukan atau yang dilaporkan oleh masyarakat. Pihaknya memberikan materi mensimulasikan sebuah temuan menjadi laporan.

“Jika terjadi dugaan pelanggaran wajib ditindaklanjuti untuk dikaji oleh panwaslu kecamatan atau tingkat kota,” tuturnya.

Diungkapkan Agus, saat ini sudah dilakukan pengawasan terkait verifikasi pendaftaran partai politik di KPU dan akan mengawasi verifikasi faktual kepengurusan partai dan keanggotaan di kecamatan. Panwaslu Kecamatan nantinya wajib mendampingi verifikasi faktual yang dilakukan KPU.

“Setelah itu dalam waktu dekat ini dilaksanakan pemuktahiran data dan daftar pemilu yang juga menjadi perhatian. Pada bulan Desember nanti kami juga akan rekrut pengawas pemilu tingkat kelurahan,” jelasnya.

Belajar dari pengalaman legislatif, menurut Agus memang terdapat titik rawan. Maka itu pihaknga sharing dengan anggota panwaslu kecamatan. Fokus pada tahapan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, distribusi logistik, pemungutan dan perhitungan suara.

“Urgensinya kita prioritaskan bagaimana antisipasi tidak terjadi money politic. Metodenya pelanggaran juga macem-macem mulai dari sembako, serangan subuh dan sebagainya,” ucap pria yang juga pengurus KNPI Kota Tangerang ini.

Melalui kegiatan ini, dia pun berharap, anggota panwaslu kecamatan benar-benar mengerti tupoksi. Kemudian mereka diharapkan menjalani tugasnya dengan baik daa benar sesuai prosedur sehingga berharap tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan dilapangan, baik penyelenggara maupun peserta pemilu atau tim kampanye caleg. (sam)

(Visited 201 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*