Rusunawa Tangerang Disulap Menjadi Perkebunan untuk Ketahanan Pangan

Perkebunan di area Rusunawa Betet, Panunggangan Barat, Kota Tangerang. [TangerangTribun.com]

TangerangTribun.com –  Pemandangan menarik terhampar di Rusunawa Betet, Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Wajah kawasan rumah susun sewa itu tampak asri dan hijau.

Pantauan di lokasi terhampar sejumlah tanaman saat memasuki area depan. Lahan depan halaman rusun seperti disulap menjadi perkebunan.

Sejumlah tanaman sayur – sayuran dan buah – buahan ada di sini. Warga sekitar dan pengelola Rusunawa tersebut memanfaatkan lahan kosong itu untuk bercocok tanam.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala UPT Rusunawa, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang, Ahmad Saepudin. Ia menjelaskan kegiatan berkebun itu dilakukan selama pandemi Covid-19 ini.

“Tujuannya untuk program ketahanan pangan,” ujar Saepudin saat dijumpai di Rusunawa Betet, Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (18/11/2020).

Ia menerangkan bahwa pemanfaatan lahan diperuntukan sebagai area kebun sudah berlangsung selama 5 bulan ini. Hasil panen pun diberikan kepada masyarakat setempat.

“Luas kebunnya sekitar 300 meter,” ucapnya.

Di rusun ketahanan pangan ini ditanami jahe, cabai, singkong, terong, mangga, nangka, srikaya, kangkung dan lain sebagainya.

“Untuk kedepannya kami akan bangun Taman Tafakur. Singkatan dari Tanaman Pangan dan Holtikultur,” kata Saepudin. (ADV)

(Visited 283 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*