Provinsi Banten Sukses Gelar Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 

GUBERNUR BANTEN HADIRI HARI KOPERASI KE 71
Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim M.Si. saat menghadiri acara puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 yang digelar di ICE (Indonesia Convention Exhibiton) Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis 12 JuIi 2018. [Istimewa]

TangerangTribun.com – Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim M.Si. menghadiri acara puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 yang digelar di ICE (Indonesia Convention Exhibiton) Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis 12 JuIi 2018.

Dalam acara yang di hadiri Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah)  Puspayoga, dan Ketua Dekopin Nurdin Halid tersebut, Gubernur mendampingi Presiden Jokowi dalam acara puncak Hari Koperasi Nasional ke-71 yang pada kesempatan ini Provinsi Banten ditunjuk menjadi tuan rumah.

Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang jatuh pada tanggal 12 Juli setiap tahunnya menjadi ajang evaluasi atas koperasi yang ada di Indonesia. Pada tahun ini Hari Koperasi Nasional ke-71 menjadi momentum yang baik bagi Provinsi Banten. Ditunjuknya Banten sebagai tuan rumah acara akbar tahunan koperasi seluruh Indonesia ini menjadi semangat untuk kemajuan koperasi dan UKM yang ada di Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Presiden ke-7 Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan keinginannya agar koperasi di Indonesia dapat mendunia. “Saya ingin satu, dua, tiga, empat, atau lima koperasi masuk dalam jajaran 100 atau 300 besar koperasi secara global,” ujar Jokowi.

Presiden memberi contoh mengenai koperasi Fontera yang ada di Selandia Baru. Dengan menggandeng 10.500 peternak di Selandia Baru, omzet koperasi tersebut tembus 17,2 miliar dolar New Zealand atau sekitar Rp 165 triliun setiap tahunnya. Bahkan, Fontera saat ini mampu merebut 30 persen dari keseluruhan ekspor susu dan produk susu di dunia.

Sejalan dengan cita-cita Presiden Jokowi untuk menduniakan koperasi Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten dengan visinya “Mewujudkan Koperasi dan usaha kecil menengah yang berkualitas, maju, dan berdaya saing” hingga saat ini terus meningkatkan koperasi serta UKM yang ada di provinsi bantuk mencapai daya saing yang tidak hanya bertaraf nasional tapi hingga taraf internasional. Mengangkat karya batik lokal, hasil kerajinan tangan lokal, hingga makanan khas Provinsi Banten untuk memiliki kualitas yang sanggup menarik peminat hingga mancanegara.

Hal itu pun sejalan dengan visi Provinsi Banten 2017-2022 yaitu “meningkatkan kualitas pertumbuhan dan pemerataan ekonomi”.
Dalam acara Harkopnas ke-71 ini, Presiden Jokowi menyematkan anugerah kepada sejumlah tokoh yang menerima penghargaan serta meninjau Harkopnas Expo 2018 yang memamerkan produk-produk koperasi Indonesia. Berbagai koperasi serta UKM yang ada di seluruh Indonesia saling berlomba untuk mengangkat kearifan local dari daerah masing-masing.

Setelah bersalaman dengan Gubernur Banten Presiden Jokowi menyempatkan menyapa warga yang telah berkumpul di sekitar pintu keluar. Beberapa Warga mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama Presiden Jokowi.

Sebelum  meningggalkan ICE BSD Kota Tangerang Selatan, Presiden Jokowi membagikan beberapa cendramata kepada warga yang belum mendapatkan kesempatan berfoto bersama. Setelah Presiden Jokowi dan rombongan meninggalkan tempat acara, warga menyerbu Gubernur Banten Wahidin Halim untuk berfoto bersama. (sam)

(Visited 536 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*