Pentingnya Konsep Taman yang Ideal Bagi Masyarakat

Jaya Budi, penggiat seni di Kota Tangerang. [San/TangerangTribun.com]

TangerangTribun.com, TANGERANG – Keberadaan taman sangat penting bagi masyarakat, terutama untuk yang hidup di wilayah perkotaan. Kepenatan hidup tentu membuat mereka lebih cepat jenuh dan bahkan stress.

Oleh karenanya, pemerintah pun paham betul peran taman dalam balancing terhadap pembangunan di kota. Kota yang maju bukan hanya dilihat dari banyaknya gedung tinggi, tapi juga pemanfaatkan lahan hijau secara efektif.

Di Kota Tangerang sendiri, telah banyak taman tematik bermunculan, seperti Taman Gajah Tunggal, Taman Potret, Taman Brung dan lainnya. Arief R Wismansyah selaku Wali Kota Tangerang memang tengah gencar dalam hal ini.

“Ini kami lakukan selain sebagai bagian dari penghijauan kota, sekaligud juga sebagai sarana wisata alternatif bagi masyarakat Kota Tangerang,” ucap Arief.

Ia juga mengungkapkan bahwa pembangunan taman ini sekaligus sebagai pemenuhan RTH sebagaimana amanah Undang-undang nomor 26 tahun 2007.

Terkait hal tersebut, seorang penggiat seni di Kota Tangerang yang bernama Jaya memberikan tanggapannya. Sebagai orang seni, ia sangat antusias ketika ditanya tentang taman dalam kehidupan masyarakat.

Saat membahas konsep taman, Jaya mengungkapkan bahwa taman yang ideal adalah yang nyaman bagi semua kalangan.

“Kalo ada kakek – kakek suntuk kan bisa langsung maen ke taman, sosialisasi sama warga yang laen. Kalo jauh kan kesian,” kata Jaya saat ditemui di Gedung Dewan Kesenian Tangerang di kawasan Modernland, Senin (7/10/2019).

Ia pun berharap bakal ada taman yang ideal di setiap kelurahan.

Sarana prasarana juga penting, lanjut Jaya, seperti toilet umun, tempat sampah dan pencahayaan yang baik saat malam hari. “Kalau malem kan pencahayaan jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” paparnya.

Jaya juga menyebut bahwa tiga hal penting lainnya untuk konsep taman yang baik, yakni edukasi, exhibition dan competition. “Education untuk pembelajaran, exhibition untuk kenyamanan dan competition agar terus adanya perbaikan. Yang penting nantinya jangan sampe ada penelantaran terhadap taman – taman yang udah ada,” kata Jaya. (san)

(Visited 350 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*