Pendaftaran PPDB SMA/SMK Banten Segera Dimulai, Begini Dinas Pendidikan

PPDB ONLINE
PPDB online. [Istimewa]

TangerangTribun.com, SERANG – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK se-Provinsi Banten dalam waktu dekat lagi bergulir. Pemprov Banten melalui Dinas Pendidikan melakukan perisiapan terkait hal teknis atau tata cara PPDB ini. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Banten, Ujang Rafiudin menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai simulasi. Sosialisasi juga digelar di berbagai sekolah – sekolah.

“Untuk pendaftaran PPDB SMA/SMK Provinsi Banten digelar pada tanggal 17 – 22 Juni 2019,” ujar Ujang, Selasa (11/6/2019).

Pendaftaran serentak dilakukan di 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten. Sosialisasi dibagi menjadi dua bagian.

Yakni di Tangerang Raya terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Kemudian sosialisasi kedua di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang serta Kabupaten Lebak.

“Pengumuman hasilnya pada tanggal 29 Juni 2019,” ucapnya.

Ujang menerangkan pihaknya melakukan roadshow untuk menyampaikan dan menyatukan pemahaman terkait pelaksanaan PPDB online tersebut. Untuk proses pendaftaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB yaitu menggunakan sistem zonasi bagi tingkat SMA, sedangkan untuk SMK dan sekolah khusus tidak menggunakan zonasi.

“Secara teknis sudah kami lakukan sosialisasi dan simulasi di sekolah – sekolah penyelenggara. PPDB dengan sistem ini jauh lebih sederhana, sekolah hanya menginput data calon yang ada di zonanya berdasarkan hasil pemetaan dengan acuan jarak terdekat domisili calon siswa dengan sekolah,” kata Ujang.

Untuk proses pendaftaran, orang tua calon peserta didik baru bisa membuka website resmi sekolah yang dituju. Kemudian tampilan website tersebut tersedia beberapa kanal yaitu beranda, jadwal informasi pendaftaran, pengumuman hasil seleksi dan pengaduan.

“Di kanal beranda ada tampilan jumlah kuota, jumlah rombongan belajar dan tiga jalur zonasi yang memiliki 90 persen dari jumlah kuota,” ungkapnya.

Kemudian jalur prestasi 5 persen dan perpindahan 5 persen. Selanjutnya pada menu ketiga tersebut juga dilengkapi dengan info cetak formulir, data sementara pendaftaran dan data hasil penetapan PPDB.

“Jalur zonasi 90 persen termasuk 20 persennya dari keluarga kurang mampu. Jalur prestasi 5 persen ini dari akademik dan juga non akademik. Sedangkan untuk jalur perpindahan orang tua 5 persen,” papar Ujang. (san/infokom)

(Visited 480 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*