Pembangunan Loop Sangego Urai Kemacetan di Tangerang

TangerangTribun.com – Pemerintahan Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang melakukan pembangunan Loop Sangego. Pembangunan jalan sistrm looping ini bertunjuan untuk mengurai kemacetan di Jalan KS Tubun dan sekitarnnya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Tangerang, Amir Hamzah. Ia menjelaskan infrastruktur khususnya jalan merupakan suatu aset wilayah yang menjadi pendorong tumbuh berkembangnya daerah tersebut.

“Dan dapat memberikan multiplier effect positif bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya. Karena merupakan suatu aset, bukan hanya ketika rusak dibetulkan, tapi infrastruktur jalan mesti dikelola dengan baik dan digunakan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuannya,” ujar Amir kepada TangerangTribun.com, Jumat (15/11/2019).

Menurutnya keberadaan infrastruktur jalan, berujung pada peningkatan aktivitas masyarakat. Sehingga pengelolaannya pun harus berlandaskan aspek jangka panjang, sustainable untuk generasi mendatang.

“Pemerintah Kota Tangerang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang berusaha memberikan pelayanan terbaik salah satunya dengan penyediaan infrastruktur jalan yang aman dan nyaman bagi masyarakat penggunanya.

Salah satunya yaitu dengan melakukan penataan infrastruktur dan manajemen lalu lintas jalan di koridor bendung pintu 10, yakni dengan membangun ruas Loop Sangengo pada tahun anggaran 2019 ini, yang berlokasi di Kecamatan Tangerang, Kelurahan Koang Jaya,” ucapnya.

Amir menyebut adapun pembangunan Loop Sangego ini bertujuan mengurangi seminimal mungkin dampak kemacetan dan antrean panjang yang selama ini timbul dari besarnya jumlah kendaraan yang melintasi persimpangan Jl. KS. Tubun – Jembatan Pintu 10.

Selain itu dengan berkurangnya kemacetan dan antrean panjang kendaraan terutama yang menyebabkan terjadinya antrian di atas Jembatan Pintu 10, keamanan struktur dan umur layan Jembatan Pintu 10 juga dapat diperpanjang.

“Ruas Loop Sangego ini dibangun secara bertahap dengan total panjang 510 meter dan lebar ruas jalan 10,5 meter, saat ini sedang dalam tahap konstruksi pondasi jalan. Diharapkan pada Minggu pertama Desember 2019 sudah dapat difungsionalkan sebagai pengalih arus lalu lintas. Dan di awal tahun 2020 sudah dapat beroperasi secara penuh untuk melayani masyarakat pengguna jalan, sehingga kemacetan yang kerap kali timbul di koridor Pintu 10 dapat diminimalisir,” kata Amir. (ADV)

(Visited 333 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*