Membangun Tanpa Harus Menggusur, Rakyat Sejahtera Negara Semakin Kuat

Membangun Tanpa Harus Menggusur, Rakyat Sejahtera Negara Semakin Kuat
(Istimewa) - Kampung Bekelir, Kota Tangerang.

TangerangTribun.com – Perspektif Paradigma membangun tanpa menggusur harus dimiliki oleh Kepala Daerah, yang dapat dilakukan dengan cara melibatkan partisipasi masyarakat untuk menata daerahnya sendiri dengan difasilitasi oleh pemerintah, atau Dunia Usaha.

Nilai-nilai Pancasila dari Falsafah kekeluargaan dan semangat gotong royong Negara hadir untuk Mensejahterakan Rakyatnya Bukan Menggusur.

Contohnya: Kampung Bekelir RW 01 Kel Babakan Kecamatan Tangerang Kota Tagerang. Masyarakatnya bergotong royong membangun dan membenahi kampungnya yang pernah di Vonis oleh Pemerintah sebagai Kampung Kumuh Sedang.

Hanya tinggal bagaimana Pemerintah Daerah Kota Tangerang menata segi ekonomi kerakyatanya yang harus lebih cepat tumbuh di Kampung Bekelir. OPD/SKPD terkait jangan jalan sendiri-sendiri, harus bisa terintegrasi, terkoordinasi untuk menata sebuah ekonomi karakyatan yang terpadu.

Konvensi ILO169 tahun 1989, definisi ekonomi kerakyatan adalah ekonomi tradisional yang menjadi basis kehidupan masyarakat lokal dalam mempertahan kehidupannnya.

Ekonomi kerakyatan ini dikembangkan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat local dalam mengelola lingkungan dan tanah mereka secara turun temurun.

Sistem ekonomi kerakyatan ini dapat mewujudkan kedaulatan rakyat yang semakin kokoh, kuat dan tangguh. Rakyat Sejahtera Negara Semakin Kuat.

(Ibnu Jandi)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*