Hadiri Sidang di PN Tangerang, Saksi Ahli Memberatkan Terdakwa Penipuan

Hadiri Sidang di PN Tangerang, Saksi Ahli Memberatkan Terdakwa Penipuan
(TangerangTribun.com/Sam) - Saksi ahli hadiri sidang kasus penipuan di PN Tangerang, Kamis (19/10/2017).

 TangerangTribun.com – Sidang lanjutan terkait perkara pidana memasukan keterangan palsu dalam Akta Autentik dengan terdakwa Suryadi Wongso dan Ngadiman, Direktur Utama serta Komisaris PT Salembaran Jati, perusahan yang bergerak di bidang properti dan pergudangan di Kosambi, Kabupaten Tangerang kembali digelar pada Kamis (19/10/2017). Proses persidangan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Dalam sidang hari ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi ahli. Pihak Jaksa Penuntut Umum menghadirkan saksi ahli dalam persidangan tersebut.

Saksi yang dihadirkan bernama Piter Latumenten. Ia merupakan saksi ahli kenotariskan.

Latumenten dalam keterangannya menyatakan bahwa terdakwa memang melakukan aksi penipuan serta pemalsuan.

“Jika aset yang akan diubah Aktanya, harus semua pemegang saham hadir saat itu juga. Semuanya menyaksikan,” ujar Latumenten dalam persidangan di PN Tangerang, Kamis (19/10/2017).

Seperti diketahui korban yakni Adipurna Sukarti merasa ditipu oleh dua terdakwa. Adipurna dijadikan oleh terdakwa sebagai pemegang saham pada PT Salembaran Jati Mulya mendapatkan saham sebesar 30 persen.

Sedangkan kedua terdakwa menerima 35 persen per orang. Namun selama proses kerja sama berjalan korban tidak pernah mendapat pembagian keuntungan.

Bahkan korban merugi hingga miliaran rupiah. Adipurna sempat menyetor modal Rp8,15 miliar kepada terdakwa dalam perjanjian itu.

Pembuatan Akta juga dilakukan oleh terdakwa. Tanpa sepengetahuan korban.

“Kalau memang seperti itu, memang terbukti ada unsur pemalsuan yang tertuang dalam Pasal 266,” ucap saksi ahli.

Suryadi Wongso dan Ngadiman juga dalam persidangan didakwakan telah melakukan tindak pidana keterangan palsu dalam Akta Autentik. Sehingga dijerat Pasal Ayat (1) KUHP Junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Majelis Hakim yang memimpin persidangan meminta terdakwa memberikan tanggapan atas keterangan saksi ahli yang dihadirkan pada hari ini. Namun mereka tak menyanggah terkait penjelasan tersebut.

Saat ditanyai oleh para pewarta, terdakwa juga tak bergeming. “No comment,” kata terdakwa sambil berlalu selesai persidangan. (sam)

(Visited 190 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*