Disbudpar Kota Tangerang Gaet Turis Bandara Soetta Wujudkan Wisata Air

Jembatan Berendeng Kota Tangerang. [Istimewa]

TangerangTribun.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang melakukan terobosan. Mereka berinovasi dalam memulihkan sektor pariwisata dalam program Mentari.

Mentari merupakan akronim dari Mengunjungi Kota Tangerang Satu Hari. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disbudpar Kota Tangerang, Boyke Urif.

Ia menjelaskan dalam program ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata Kota Tangerang ke masyarakat luas. Dengan mengajak turis yang transit di Bandara Internasional Soekarno Hatta menyempatkan diri keliling ke tempat – tempat wisata di Kota Tangerang ini.

“Kami berdiskusi dengan teman – teman pariwisata. Kalau pandemi Covid-19 ini selesai, apabila ada penumpang pesawat transit di Bandara Soetta di atas empat jam, bisa kita ajak keliling dulu berwisata di Kota Tangerang,” ujar Boyke, Rabu (11/10/2020).

Boyke menyatakan untuk realisasi terobosan tersebut dalam kondisi kembali normal. Pihaknya pun tengah merencanakan secara matang konsep ini.

“Daripada turis itu nunggu selama empat jam lebih di bandara, lebih baik mereka kami hibur dengan cara diajak keliling objek wisata di Kota Tangerang,” ucapnya.

Para turis yang transit di Bandara Soetta bisa mengelilingi Kota Tangerang dengan mengendari Bus Jawara milik Pemkot Tangerang. Mereka dapat menyusuri area wisata Sungai Cisadane yang indah, seperti Kampung Bekelir, Jembatan Berendeng dan Banksasuci.

“Kami ajak ke wisata budaya, wisata kuliner di Pasar Lama, wisata religi Masjid Raya Al Azhom dan wisata air waterway,” kata Boyke.

Disbudpar Kota Tangerang saat ini tengah mempersiapkam wisata baru yakni Waterway. Waterway merupakan sarana transportasi sekaligus wisata air yang ada di Kota Tangerang.

Boyke menyebut Waterway ini bakal berada di Kali Sipon. Nantinya bisa dinikmati wisatawan dengan menyusuri Kali Sipon menggunakan perahu – perahu yang sudah disiapkan.

“Makanya untuk Waterway ini sedang kami siapkan. Mulai dari dermaga, jalur serta fasilitas lainnya. Agar saat pandemi usai, waterway bisa dinikmati wisatawan dan juga masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya. (ADV)

(Visited 276 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*