Dinsos Kota Tangerang Perkuat Lembaga PSM dalam Pelayanan PMKS

TangerangTribun.com – Pemerintahan Kota Tangerang melalui Dinas Sosial melakukan penguatan kelembagaan ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terhadap penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ada di Kota Tangerang.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Eep Ruli Hasan menjelaskan pihaknya mengumpulkan sejumlah PSM di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang pada Senin (21/10/2019). Sebanyak 78 anggota PSM yang hadir dalam acara ini.

“Kami memberikan penyuluhan dan pembinaan agar PSM ini bisa melayami PMKS dengan baik,” ujar Eep kepada TangerangTribun.com di Kantor Dinas Sosial Kota Tangerang.

Menurutnya, PSM ini merupakan mitra kerja dari Dinsos. Mereka yang tergerak hatinya peduli akan gelandangan atau orang – orang yang terlantar.

“Kami memberikan motivasi juga kepada anggota PSM ini,” ucapnya.

Total PSM yang ada di Kota Tangerang tercatat sebanyak 970 orang. Sedangkan jumlah PMKS berkisar 68 ribu orang.

“Orang – orang PSM ini yang dengan hati nuraninya mau mengurusi seperti anak-anak atau lansia yang terlantar. Satu anggota PSM diberikan intensif oleh Pemkot Tangerang sebesar Rp. 200 ribu per bulan,” ucap Eep.

Mekanisme kerja yang dilakukan PSM ya itu melakukan pendataan terhadap para PMKS yang berada di tiap lingkungan Rukun Warga (RW). Kemudian orang – orang yang terlantar itu dirujuk ke Kantor Dinas Sosial untuk mendapatkan pelayanan.

“Tujuan besarnya yaitu kami bersama – sama PSM menangani permasalahan sosial. Misalnya ada yang gangguan jiwa, anak terlantar atau lansia tidak terurus itu didata oleh PSM dan segera ditangani oleh kami,” katanya. (ADV)

(Visited 384 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*