Daya Tarik Wisata Banten, Dari Pelabuhan Kuno Hingga Kesultanan

KAWASAN BANTEN LAMA
Kawasan Banten Lama. [Istimewa]

TangerangTribun.com – Banyaknya wisata di Kawasan Banten Lama, membuat banyak pengunjung ramai mendatangi lokasi tersebut. Para warga sekitar pun menjadikan tempat tersebut sebagai pilihan favorit untuk mengisi waktu luang.

Agung (38) satu dari masyarakat, menceritakan pengalaman menarik berkunjung di Kawasan Banten Lama ini. Ia mengaku kerap meluangkan waktunya untuk berkeliling ke tempat – tempat bersejarah tersebut.

“Saya lumayan sering sepedaan keliling kawasan Banten Lama ini,” ujar Agung kepada awak media, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, wilayah ini kaya akan wisata alam. Dan kental dengan nuansa budaya.

“Dalam kawasan itu banyak yang bisa kita kunjungi,” ucapnya.

Seperti Kesultanan, Masjid Kuno, Pelabuhan Kuno, Benteng Spelmijck, Avaloki Teshvara Klenteng tertua di Indonesia, Makan Sultan Ageng Tirtayasa, dan masih banyak lainnya.

Ada pula aneka kuliner yang bisa disantap. “Saya suka makan pecak bandeng Sawah Luhur di situ,” kata Agung.

Pemerintahan Provinsi Banten pun akan melakukan perombakan besar – besaran terhadap Kawasan Banten Lama. Gubernur Banten Wahidin Halim menegaskan pihaknya akan serius untuk melakukan revitalisasi di lokasi ini.

“Kita mulai peradaban pembangunan dari revitalisasi Banten Lama ini. Dan kawasan Banten Lama akan memantik dimulainya pembangunan,” ungkap Wahidin.

“Ini sejatinya kawasan Bhineka Tunggal Ika. Menjadi kawasan Pancasila karena banyak masyarakat dari berbagai daerah, suku, dan agama berbaur di wilayah ini,” papar pria yang akrab disapa WH itu. (sam)

(Visited 315 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*