Catatan Kereta Bandara Mogok pada Malam Jumat Horor

Kereta Bandara Soetta
Kereta Bandara Soetta. [Istimewa]

TangerangTribun.com – Kegaduhan tiba-tba saja terjadi di Stasiun Batuceper, Tangerang pada Kamis (1/3/2018) malam. Suasana pun semakin meriuh saat Kereta Bandara Soekarno Hatta tiba – tiba saja terhenti.

Sontak para penumpang yang berada di dalamnya panik. Kereta Bandara dari arah Stasiun Sudirman Baru menuju Bandara Soetta itu mengalami mogok di malam Jumat horor.

Penumpang pun terkaget – kaget. Terlebih suasana di dalam Kereta Bandara berubah gelap gulita.

Mereka merasa was – was. Dan bertanya – tanya apa yang terjadi sebenarnya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Humas PT Railink, Fitri. “Penyebabnya karena mati listrik,” ujarnya, Kamis (1/3/2018) malam.

Petugas di Stasiun Batuceper mencoba menenangkan para penumpang. Mereka dijanjikan untuk dilakukan evakuasi ke Kereta Bandara lainnya melalui peron berbeda.

“Sehubungan dengan gangguan pejalanan ini, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Dapat kami sampaikan bahwa penumpang, kami alihkan ke perjalanan KA Bandara lainnya. Dan rangkaian kereta yang mengalami gangguan ini kami kembalikan ke Dipo untuk diperiksa lebih detail,” ucapnya.

Akibat gangguan listrik tersebut, penumpang Kereta Bandara yang mengalami mogok sempat terlantar. Mereka berharap bala bantuan segera datang.

Gemericik gerimis saat itu mengguyur di sekitar lokasi. Penumpang cemas dan rela menunggu untuk dilakukan proses evakuasi.

Insiden ini terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Udara dingin malam itu pun membuat bulu kuduk terasa merinding.

“Memang sekitar 30 menit para penumpang berada di dalam kereta yang terhenti itu,” kata Fitri.

Mereka pun diminta keluar dari dalam Kereta Bandara. Dan berdiri di peron lainnya sambil menunggu KA Bandara yang datang guna mengevakuasi.

“Sekira pukul 20.00 mereka kami alihkan dan melanjutkan perjalanannya kembali ke Bandara Soetta,” ungkapnya.

Makam Angker

Proyek Kereta Bandara ini memang memerlukan pembebasan lahan untuk proses pembangunan jalurnya. Banyak bangunan atau bidang yang tergusur dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Mulai dari rumah warga, sekolah, rumah ibadah, pabrik, dan juga tempat pemakaman umum (TPU). Tak jauh dari Stasiun Batu Ceper, terdapat TPU Goclong yang lahannya dibebaskan terkait proses pembangunan Kereta Bandara.

Pemakaman tersebut berlokasi di wilayah RT 04 / RW 04 Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Kini kuburan – kuburan itu sudah disulap menjadi landasan jalur Kereta Bandara.

Ada sekitar 200 unit makam yang digusur di TPU Goclong. Tiap satu unit makam, dibayar ganti rugi Rp3 juta kepada para ahli waris.

Sukatma yang merupakan Ketua RT setempat sempat menceritakan asal usul keberadaan tempat pemakaman umum itu. Ia sedari tahun 1976 bermukim di kawasan tersebut.

Sejak masa itu, TPU Goclong sudah ada dan digunakan untuk pemakaman umum.

Dulunya merupakan lahan milik orang keturunan China yang tinggal sudah lama di wilayah ini. Pemilik lahan itu bernama Kyi Gopyong yang juga dimakamkan di TPU tersebut.

“Ini dulunya pemakaman Kyi Gopyong. Warga memanggil Kyi Gopyong dengan sebutan Goclong. Makanya kuburan ini dinamakan TPU Goclong,” imbuh Sukatma.

Masyarakat sekitar pun banyak yang memakamkan anggota keluarganya di TPU Goclong ini. Pemakaman tersebut memiliki luas sekitar 2 hektar.

Banyak kisah yang bisa bikin bulu kuduk berdiri dari TPU Goclong tersebut. Sejumlah keanehan – keanehan membuat warga merinding.

“Pemakaman ini sudah tua umurnya. Banyak kuburan yang saling tiban. Penunggunya sih pasti ada,” tuturnya.

“Masyarakat di sini sering digangguin makhluk halus, namanya juga kuburan. Pocong – pocong suka gentayangan, saya pernah lihat langsung,” sambung Sukatma.

“Sering juga ada suara – suara aneh kalau lewat sini malam – malam. Malah waktu itu sempat ada yang pacaran di situ, dan terjadi kejadian aneh. Mereka pacaran ngelakuin yang enggak – enggak dan akhirnya kawin dempet. Dua pasangan enggak bisa dipisahin, diobatinnya sama orang pinter,” paparnya. (win)

(Visited 213 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*