Begini Reaksi Bandara Soetta Terkait Wabah Virus Cacar Monyet

cacar monyet
Ilustrasi. [Istimewa]

TangerangTribun.com, Bandara – Penyebaran virus cacar monyet kian mewabah. Pihak Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pun segera bereaksi melakukan pencegahan terkait jenis penyakit tersebut.

Bandara Soetta melakukan pencegahan terhadap sebaran virus cacar monyet dengan meningkatkan pengawasan. Khususnya terhadap penumpang dari luar negeri yang baru tiba di bandara.

Hal itu terjadi lantaran terdapat kasus seorang WNA Afrika yang mengidap penyakit tersebut. Cacar monyet atau Monkeypox menjangkit penumpang itu di Singapura beberapa hari lalu.

“Kami memang selalu melakukan pemindaian suhu tubuh menggunakan Thermal Scanner,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Bandara Soekarno Hatta, Anas Ma’ruf, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya seluruh penumpang dan crew wajib dilakukan pemindaian suhu tubuh. Yakni melalui thermal scanner.

“Kami tingkatkan pengawasannya,” ucapnya.

Anas menjelaskan cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus.  Kemudian ditularkan pada manusia melalui hewan di Afrika.

Biasanya, penularan cacar monyet  diakibatkan oleh kontak dengan hewan terinfeksi. Seperti primata, tupai, tikus atau hewan pengerat lainnya.

“Kemudian yang kedua adalah dengan melakukan namanya surveillance sindromik. Itu kami melakukan pengamatan secara visual kepada orang yang datang terutama dari negara yang ada ditemukan kasus,” kata Anas.

Anas menyebut pihak KKP Kelas I Soekarno-Hatta telah menyediakan ruang perawatan khusus. Atau ruang isolasi bilamana ditemukan penumpang yang terjangkit cacar monyet.

“Kami turut menyosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media digital yang berada di Bandara Soetta. Sampai saat ini belum ditemukan penumpang yang terjangkit penyakit tersebut,” paparnya. (sam)

(Visited 342 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*