Bakal Jadi TOD Skala Besar, Nasib Terminal Poris Masih Terbengkalai

Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang]
Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang. [Istimewa]

TangerangTribun.com – Pemerintah mengeluarkan dana besar dalam segi pembangunan inrfastruktur. Pengeluaran jor – joran ini meliputi pembangunan jalan, bandara, stasiun serta fasilitas umum lainnya.

Terlebih menjelang masa arus mudik seperti ini. Namun pada kenyataannya pembangunan tersebut tak berjalan lurus dengan kondisi Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang yang menjadi daerah penyangga Ibu Kota.

Padahal Terminal Poris ini diproyeksikan akan dijadikan Transit Oriented Development (TOD) skala besar. Nantinya terintegrasi dengan sejumlah trayek seperti ke arah Bandara Soekarno Hatta mau pun ke Jakarta.

Memasuki musim mudik Lebaran, Terminal Poris tampak memprihatinkan. Nasibnya bahkan terbengkalai.

Pengamatan di lokasi Terminal kebanggaan warga Tangerang itu terlihat kumuh. Tak terawat serta terasa tak nyaman.

Sejumlah lantai berantakan dan pecah – pecah. Sampah – sampah makanan serta minuman kemasan plastik berserakan.

Ruang tunggu penumpang pun penuh debu. Bahkan terasa panas hingga membuat kegerahan.

Fasilitas busline keberangkatan juga tidak berfungsi. Ruang antrean tiket tampak kusam dan dekil.

Para penumpang pun berkeluh kesah mengenai kondisi Terminal bertipe A ini. Kepala Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Budi Rahardjo menjelaskan terkait terbengkalainya Terminal Poris tersebut.

“BPTJ mulai kelola Terminal Poris Plawad sejak tahun 2018. Sebelumnya dikelola oleh Pemkot Tangerang,” ujar Budi kepada awak media, Selasa (14/5/2019)

Menurutnya kondisi fisik Terminal Poris ketika diserah terima kelola ke BPTJ, keadaanya memang sudah memprihatinkan seperti itu.

“Upaya perbaikan secara terbatas sudah dilalukan BPTJ, namun memang tidak bisa menyentuh perbaikan – perbaikan besar karena status Terminal Poris dalam proses pengembangan akan menjadi kawasan TOD,” ucapnya. (sam)

(Visited 359 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*