Alun-alun Surya Kencana dan Gunung Gede, Kombinasi Wisata Indah Hiasi Libur Akhir Tahun

Alun-alun Surya Kencana dan Gunung Gede, Kombinasi Wisata Indah Hiasi Libur Akhir Tahun
(TangerangTribun.com/Nine) - Pemandangan bunga edelweis di Alun-alun Surya Kencana Gunung Gede-Pangrango.

TangerangTribun.com – Libur akhir tahun tampaknya memang menjadi momen yang pas untuk berwisata. Tak heran jika tiket pesawat maupun hotel akan sangat digandrungi menjelang libur akhir tahun.

Bagi calon pelancong yang ingin berlibur sambil berolahraga, TangerangTribun.com punya rekomendasi destinasi wisata yang asyik, lho untuk dikunjungi bersama kawan-kawan.

Bagi kalian yang tinggal di sekitar Jabodetabek, tak perlu repot-repot mengantri tiket pesawat atau hotel, karena tempat wisata yang berada di sekitar Jawa Barat ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Di sini kita bisa menikmati libur akhir tahun dengan budget murmer, alias murah meriah.

Alun-alun Surya Kencana namanya. Padang rumput yang diapit oleh dua puncak ini bisa jadi tempat wisata yang menarik untuk para pendaki gunung.

Pemandangan Alun-alun Surya Kencana.
Pemandangan Alun-alun Surya Kencana.

Kita akan disuguhi pemandangan hijau dari hamparan yang terbentang indah sejauh mata memandang. Usut punya usut, alun-alun Surya Kencana tersebut memiliki luas sekitar 50 hektar, atau setara tiga kali luas lapangan bola.

Jangan lupakan pesona bunga Edelweis yang juga tumbuh subur di padang rumput tersebut. Edelweis yang terkenal dengan sebutan bunga abadi, memang tumbuh subur di dataran tinggi, terutama di lereng-lereng pegunungan. Alun-alun Surya Kencana sendiri berada di ketinggian lebih dari 2700 mdpl. Tak heran jika bunga yang sering dikaitkan dengan lambang cinta tersebut tumbuh subur di dataran yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir sejak 1977 tersebut.

Untuk mencapai Surya Kencana, kita memang harus mendaki, karena letaknya berada di atas Gunung Putri. Jalur Gunung Putri lebih curam dan terjal dibanding jika kita mendaki lewat Jalur Cibodas. Namun, melalui jalur Gunung Putri, kita bisa memangkas hampir separuh waktu.

Pemandangan Gunung Pangrango dari puncak Gunung Gede.
Pemandangan dari puncak Gunung Gede.

Biasanya para pendaki akan bermalam di Surya Kencana untuk ke esokan harinya mendaki Gunung Gede. Untuk mencapainya, kita perlu mendaki sekitar satu setengah jam dari Surya Kencana.

Lelah yang mendera saat menanjaki jalur yang terjal seakan terbayar ketika kita sampai di puncak Gunung Gede. Di puncak setinggi 2958 mdpl ini, kita akan disuguhkan pemandangan yang cantik dari kota Bogor, Cianjur dan Sukabumi yang letaknya memang terbelah oleh Gunung Gede. Terlebih, kita dapat melihat pemandangan indah dari bentangan Gunung Pangrango yang nampak jelas terlihat dari puncak Gunung Gede.

Meski sering dikategorikan sebagai gunung yang cocok didaki untuk pemula, kegiatan mendaki Gunung Gede membutuhkan persiapan yang matang dari segi fisik, maupun logistik. Belum lagi, cuaca ekstrim bisa datang kapanpun di bulan Desember yang identik dengan musim penghujan ini.

Pemandangan di puncak Gunung Gede.

Baru-baru ini saja, pihak Balai Besar TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango) sempat menutup jalur pendakian pada Kamis (30/11/2017). Ditutupnya jalur pendakian tersebut dikarenakan terjadinya cuaca ekstrem, seperti hujan disertai angin kencang yang menumbangkan pepohonan, sehingga berpotensi membahayakan keselamatan para pendaki.

Namun, jangan khawatir. Saat ini jalur pendakian Gunung Gede – Pangrango sudah dibuka kembali untuk umum sampai dengan hari Minggu, (31/12/2017).

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati libur akhir tahun di Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango? (nine)

(Visited 897 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*