7 Tersangka Kasus Pemalsuan Dokumen Dicokok Polisi Bandara

TangerangTribun.com, BANDARA – Tim Garuda Polres Kota Bandara Soekarno Hatta Tangerang berhasil mengungkap kasus Pemalsuan Dokumen Rabu (09/10/2019) di Taman Integritas Polresta Bandara Soetta.

Dalam kasus ini sebanyak tujuh orang tersangka dan berikut barang bukti berhasil diamankan oleh petugas kepolisan.

Masing-masing tersangka berinisial NF yang merupakan pembuat dokumen, HA (Calo) dan sedangkan AAA, AS, IR, MH dan S merupakan si pembeli dokumen palsu.

Kapolresta Bandara Soetta, AKBP Arie Ardian Rishadi menjelaskan kasus pemalsuan Dokumen ini berhasil diungkap oleh tim Garuda setelah melakukan penyelidikan.

“Ada 7 orang tersangka yang berhasil kami ringkus. Kedua diantaranya sebagai pembuat Sim, SKCK dan KTP palsu, dan Penyalur (Calo)  pencari pelanggan. Sedangkan yang lima orang lainnya sebagai pengguna,” ucap Kapolres.

Kapolres menyebut, untuk pemalsuan  dokumen KTP palsu tersebut menggunakan dengan bahan asli yang mereka dapat dari seorang pencopet di Jakarta, yang saat ini masih kita lakukan pengejaran. “Cara pemalsuannya, KTP dan SIM copetan tersebut mereka hapus dengan sebuah cairan khusus, lalu kemudian dicetak dan dilaminating kembali sesuai data dan foto si pemesan,” ungkapnya.

“Satu tersangka II (calo) ini mempromosikan jasanya lewat Facebook. Untuk satu paketnya ia bandrol sebesar 800 ribu rupiah, berupa SIM, SKCK dan KTP yang dilengkapi stempel palsu dari berbagai Polres. Ada Polres Jakbar, Jaksel, Bogor, Depok dan polres lainnya,” paparnya.

Lebih lanjut Arie menjelaskan bahwa dokumen-dokumen palsu tersebut nantinya dipergunakan oleh si pelanggan untuk mendaftar sebagai driver Gocar online.

“Dari pengakuan tersangka sipembuat, operasinya ini suah berjalan selama 8 bulan, ia mulai dari bulan Maret kemarin. Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan pasal 263 ayat 1 dan 2 dan pasal 264 KUHapidana dengan hukuman 8 tahun penjara,” jelasnya.

“Kasus ini masih terus kami dalami,” kata Kapolres saat melakukan  jumpa pers bersama pewarta pada Rabu (09/10/2019) di Taman Integritas Polres Kota Bandara Soekarno Hatta. (sam)

(Visited 334 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*